cara menyontek yang aman




Disini saya tidak akan menjelaskan pengertian menyontek menurut KBBI maupun menurut para ahli, dan saya juga tidak mengulas faktor-faktor menyontek, alasan menyontek, jenis-jenis menyontek, dampak negatif menyontek, dampak positif menyontek bahkan menyimpulkan pendapat para ahli tentang menyontek. Saya hanya ingin berbagi saja bagaimana cara menyontek yang aman saat ulangan. Ingat, cara-cara ini hanya bisa dilakukan oleh profesional, baiklah tidak usah berlama-lama lagi, ini dia cara-cara menyontek yang aman saat ulangan menurut saya.
mrzero66.blogdetik.com



Pakai Helm


Mungkin sebagian kita ada yang bertanya-tanya, kenapa sih kok nyontek aja pake helm? Ini jangan dianggap remeh sobat, misalnya saja ketika kamu ulangan tiba-tiba atap kelas runtuh, otomatis runtuhan itu akan menimpa kepala kita kan? Kita jangan panik dan jangan lari sobat biarlah para peserta lain dan pengawasnya kabur dari kelas, kita harus tetap tenang agar konsen saat mengisi jawaban. Dengan helm yang kita pakai, kepala kita akan aman sobat. Alhasil inilah salah satu cara menyontek yang aman. Semoga bisa diterapkan ya.




Pakai Jurus Menghentikan Waktu 

Dengan jurus ini sobat, akan memudahkan kita dalam menyontek. Bukan apa-apa, ketika jurus ini dipakai otomatis waktu yang berjalan akan terhenti. Tak hanya waktu yang berhenti sobat tapi orang-orang juga akan diam seperti patung. Dengan demikian kita akan leluasa melihat hasil isian teman-teman kita, jadi engga takut kena marah dari peserta lain ataupun dari pengawas ulangan sobat, mudahkan. Namun kita jangan senang dulu, karena jurus menghentikan waktu ini termasuk jurus terlarang sobat, kenapa jurus terlarang? Karena si penggunanya juga akan ikut terhenti. Lebih baik janganlah pakai jurus ini. Percuma.





Menggunakan Semut Sebagai Mata-Mata Penyontek

Semut itu bisa dimanfaatkan untuk menyontek loh, jangan salah sobat, kalo salah percuma isi jawabannya. Sebelum memakai semut sebagai mata-mata penyontek, kita harus menguasai terlebih dahulu bahasa semut. Bagaimana caranya mengerti bahasa semut? Gampang, yaitu dengan mengikuti privat bahasa semut ya sama seperti privat bahasa inggris-inggris gitu lah, tapi sayangnya sampai saat ini tidak ada yang membuka jasa privat bahasa semut sob. Hmmm kita jangan menyerah, kita pasti bisa menguasai bahasa semut asal mau berusaha, benerkan sob? Ok jika tidak ada privat bahasa semut, kita bisa belajar bahasa semut langsung dari semutnya, mudah kan? 

Ok Setelah kita bisa mengerti bahasa semut. Kita ajak semutnya pas ada ulangan, baik itu ulangan harian, uts, uas maupun un. Tapi sob, jangan sekali-kali berangkat membawa seekor semut di pundak ketika mengendarai motor, itu bahaya. Bahayanya si semut bisa menghilang akibat terjangan angin badai topan tsunami ketika kita mengendarai si motor, lebih baik naik angkutan umum saja ketika berangkat, misalnya naik ojek. 

Nah pas ulangan dimulai, kita serahkan dan percayakan tugas menyontek ini pada seekor semut sob. Kita taruh semut di atas meja, biarkan si semut berkeliling mencara jawaban. Intinya ketika menunggu hasil jawaban dari seekor semut, kita harus sabar. Bukan apa-apa sob, ketika semutnya di taruh di atas meja kita, dia pasti akan menempuh jarak yang sangat jauh untuk bisa mengelilingi meja teman kita, belum lagi dia harus turun dan memanjat meja yang dia tuju. Sekali lagi, intinya sabar, setelah menunggu waktu kurang lebih 90 menit si semut pasti akan kembali dengan membawa jawabannya untuk kita, hmmm gampangkan. Oh iya sobat, saya lupa, kalo waktunya 90 menit itu biasanya ulangannya sudah selesai ya? Oh kalo gitu percuma dong dan hanya membuang-buang waktu, tepat sekali, lebih baik jangan kita gunakan semut, kasian semutnya.




Menggunakan Pulpen Pintar 

Pulpen ini bukan pulpen sembarangan sobat, ini pulpen pintar yang bisa mengisi sendiri jawaban dari seluruh pertanyaan soal ulangan. Jadinya, kita hanya diam melihat pulpennya menulis sendiri di lembar jawaban, mudahkan, kita tidak usah repot-repot mengisi jawaban ulangan. Masalahnya sob, dimana kita bisa membeli pulpen pintar ini? ini dia yang jadi permasalahannya. Kalo ada yang tau dimana, tolong beri tau saya ya sob. Oh iya jika pulpen pintar ini sudah ada di pasaran, jangan sekali-kali menggunakan pulpen pintar ini ketika UN berlangsung. Loh kenapa kenapa? Kan itu pulpen pintar. Ya, masalahnya UN itu pakai pensil sob bukan pulpen.




Menggunakan Jurus Byakugan 

Bagi yang sering nonton Naruto, pasti tau Jurus Byakugan. Ya jurus ini adalah jurus melihat dengan tembus pandang. Jadinya kita bisa melihat benda dengan jelas walau benda itu posisinya terhalang oleh sesuatu, misalnya tembok. Ini akan memudahkan kita melihat jawaban temen-temen kita sob tanpa harus memanggilnya terlebih dahulu. Walau sudah dihalangi oleh badan teman kita, kita tetap bisa melihat jawabannya sob, mudahkan. Namun jangan sekali-kali melihat jawaban dari teman cewek sob ketika menggunakan jurus ini, kalo digunakan sob, kita bisa salah fokus sob, akibatnya kita bisa gagal menyontek sob. Bukannya diisi dengan jawaban yang benar, malah diisi dengan si D pake warna merah, ukurannya 36j, itunya pake gambar spongbob atau apalah. Karena itu dosa sob jika salah fokus lebih jangan digunakanlah jurus ini. 




Membaca Pikiran 

Ini cara yang paling gampang ketika menyontek. Kita hanya duduk diam, sambil menoleh siapa orang yang akan kita baca pikirannya. Intinya ketika membaca pikiran orang, kita harus memilih orang yang pintar sob supaya jawaban kita benar sob. 

Mambaca pikiran ketika ulangan pernah dipraktekin si Coklat loh ketika sedang ulangan. Waaah hebat ya si Coklat, ah biasa aja. Dengan kemampuan yang dimiliki si Coklat ini sob, akan menjadi mudah baginya untuk mengetahui jawaban dari teman-temannya. Pertama-tama Coklat menatap tajam target yang ada di depannya. Ya target pertamanya adalah Ival, karena Ival lebih pintar dari Coklat sob. 

“Maaf ya Val kalo gue harus baca pikiranlo. Jurus membaca pikiran!” 

“Si Sweety kalo pake baju renang seksi banget kali ya? Hehehe. Abis uts ini gue pengen ngajak dia ke pantai, siapa tau bisa berenang bareeeng, cihuuuy.” yang ada di otak Ival. 

“Kutu! Otak mesum.” 

Gagal membaca pikiran Ival, Coklat berniat membaca pikiran Sweety dan Wakamiya. Kini mata Coklat tertuju pada Wakamiya. 

“Jurus membaca pikiran!” 

“Ah, akhirnya selesai juga, kumpulin ah.” yang ada di otak Wakamiya. 

“Yah dia udahan.” 

Gagal membaca pikiran Wakamiya. Kini Coklat menatap tajam Sweety yang duduk tepat di hadapannya. 

“Jurus membaca pikiran!” 

“Ngapain lo baca-baca pikiran gue? kerjain sendiri!” yang ada di otak Sweety. 

“Oow, dia tau.” 

Dari kejadian di atas jangan membaca pikiran ketika orang yang akan dibaca pikirannya sudah selesai mengerjakan ulangan, jangan pula membaca pikiran otak mesum dan jangan pula membaca pikiran orang yang bisa juga membaca pikiran. 

Nah terus bagaimana agar kita bisa membaca pikiran orang? Itu yang masih saya cari sob caranya. Ada yang tau engga gimana caranya? Share dong. 




Ya sudah, cukup 6 dulu cara menyontek yang aman. Nanti saya akan beritahu lagi cara yang menyontek yang aman, kalo ada. Semoga caranya bisa digunakan sebaik-baiknya ya sob. 

88 Responses to "cara menyontek yang aman"

  1. Nggak mungkin ada yang bisa salah satu siswa yang lagi ujian menerapkan tips nyontek diatas semua niki, sebelum nyontek juga pasti udah ketahuan duluan kalau di awasin sama guru yang cerdik haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dunia ini engga da yg ga mungkin neng
      Selama siswa tersebut mau belajar nyontek psti bisa
      Yakin deh

      Delete
    2. Ini sih mesti pinter-pinter ngantur strategi biar nggak ketahuan sama guru/pengawas wkwk

      Delete
    3. hush...udah atuh jangan berisik ntar malah ketauan nyonteknya..kan jadi nggak aman lagi deh nyonteknya

      Delete
  2. Anjirr lah bang... haha
    Lumayan bikin gue senyum2 sendiri bacanya..

    Tapi! Lo ngasih cara tapi salah semua. Tolong dibikin yg bener ya, biar temen2 kita bisa menyontek dengan aman dan bersahaja.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasaan abang kali salah semua
      Itu sarannya bener semua bang
      Coba deh abang coba pas uas
      Eh abang dah lulus y
      Lupa bang maaf

      Delete
  3. Pake pasir'a Gaara biar bisa nyontek semua peserta
    kalo bisa liat langsung kunci jawaban di ruang guru :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang gaara sekarang jualan pasir yah ? wah kirain gaara dulu jualan bensin eceran. Emang pasirnya Gaara sekilo berapa ? dia jualanan online ? ada testimoninya nggak ? duh jadi kepengen beli bakso

      Delete
    2. Ini cara nyontek bukan cara ngebangun rumah loh pake pasir segala
      Kan utsnya di ruang kelas bukan di ruang guru
      Gimana mw ambil kunci jawaban?

      Delete
    3. Izhar : Gara sekarang jualan pasir sama semen eceran.
      Testimoni'a banyak, tau Skydive Dubai? Nah itu dibuat dari pasir dan semen'a gara.

      Niki : Siapa yang mau ngebangun rumah? ini pasir'a buat ngubur pengawas'a jadi aman kalo mau nyontek.

      Delete
    4. Boleh juga tuh pasirny buat ngubur pengawas
      Kalo pengawasnya ga mau gimana?

      Delete
    5. Wah kalo memang benar gara jualan pasir saya mau pesan ahh lumayan :D

      Delete
  4. pake hipnotis, bisa hipnotis guru yg jaga.. hipnotis dia jadi tiang bendera.. setelah itu bebas deh ujiannya gak ada yg jagain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah boleh tuh bang
      Pengalaman abang y pas maih di tk
      Terus tiang benderanya jadi banyak dong bang
      Kan ribet kalo mw upacara bang pake tiang yg mana?

      Delete
  5. Anjir. Ngaco semua njir. Keburu waktu abis ini mah kalo nunggu bisa pake trik di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan cara profesional jadi seakan2 terlihat ngaco
      Sebenernya mah engga ngaco loh tapi ngaco banget

      Delete
    2. Iya terserah kamu aja deh, lelaki mah emang susah dimengerti. Aku kecewa sama kamu :(

      Delete
  6. wah kebetulan nih saya jual pulpen pintarnya yang pensil ada juga kok, yang minat yuk preorder. Silahkan hubungi saya, yak yang minat, yang minat buruan nih bray sebelum kehabisan stoknya.

    Tak cuman itu bray, saya juga jual helmnya ada juga buku "Tips menguasai jurus menghentikan waktu". Oh iya saya juga jual semut cerdas yang bisa apa aja, bisa dipakai untuk menyontek, bisa di pakai untuk jaga-in rumah dari maling, pokoknya semuanya bisa di kerjain dan semutnya juga nga rewel kok.

    Yok monggo di order mz/mb barangnya sebelum kehabisan, buat bang Niki makasih bang udah kasih saya ruang untuk jualan. Tenanglah kita bagi hasil kok (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pensil sama pulpen pintarnya sekolah dimana bang? Kok bisa pintar? Terus pas masih sekolah dapet ranking berapa bang?
      .
      Semutnya bisa jadi ninja g bang kayak serangganya si aburame shino?
      .
      Mana hasilnya? Bagilah

      Delete
    2. Buku Tips menguasai jurus menghentikan waktu'a berapa Sis/Gan?
      Order satu buku'a. Bisa COD kan?

      Delete
    3. Chiisana bisa COD kok, kalau masalah testimoni minta sama bang niki aja, untuk pengorderan lebih lanjut cek IG kita yah

      nantilah bang Niki saya kasih hasilnya

      Delete
  7. yang keren trik membaca pikiran yang dipraktekan si coklat.
    lha itu ngapain dikasih tipsnya yang menghentikan waktu kalo kita ikut berhenti juga.
    pake helm bener juga tuh, jadi aman kalo bangunan runtuh, sama juga aman kalo ketahuan terus dipukuli siswa yang lain kepalanya jadi gak papa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy dund di, si coklat mah bisa apa j
      Oh iya ya ngapain kasih tips menghentikan wktu y kalo penggunanya juga ikut berhenti
      Wah gimana tuh di?

      Delete
  8. Hahahahahaha...

    Waaahhh bener sob, cara-cara di atas emang hanya bisa dilakukan oleh yang udah profesional, hehehehehe...

    Kecuali yang pake helm... hahahahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya bang diar
      Kalo uts coba dah pake cara2 di atas
      Saya yakin bakalan sukses kang nyonteknya

      Delete
    2. Iya coba dulu, waktu Abang lagi jadi anak sekolahan atau anak kuliahan, baca ini sob... wkwkwkwkwkwkwkw hehehehe :) Okey Sob.. :)

      Delete
    3. Makanya kang balik lagi gih k sekolah

      Delete
    4. Ibu gurunya cantik nggak sob ?? hahahahaha :)

      Delete
  9. Ini pulepn pintar thai juga, gue bacanya berasa lu lagi jualan pulpen :v

    Ini juga nik, anjing yang perutnya udah ditulisin jawaban, pernah dener ?
    ah, lu gak pernah nonton film boboho pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ga jualan pulpennya bang
      Suer deh
      .
      Oh film boboho yg sekelas pada nyontek itu ya? Kalo ga salah pengawasnya dijepretin kamera mulu biar silo

      Delete
  10. Dan semua hanya hayalan sajaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diterapin bisa jadi kenyataan loh

      Delete
  11. wah aku mau dong yang pulpen pintarnya, kalo ada kabarin yak :D
    btw si sweetie kocak yah, dibaca pikirannya tp juga bias ngebaca pikiran haha
    jurus nyontek lainnya adalah: pake sedotan tembus pandang yang diikat ke plafon buat neropong jawaban temen (?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang banget neng
      Abang g jual pulpennya loh
      .
      Emang bisa ya neng neropong pake sedotan? Kan kecil neng

      Delete
  12. Absurd semua gini. Kalo mau aman mah mending jangan nyontek, Bang. Belajar. Belajar nyontek yang baik dan benar supaya nggak ketahuan.

    Daripada baca pikiran, mending baca blog gue, Nik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimanatuh yog belajar nyontek yg baik dan benar? Ajarin dund suhu

      Delete
  13. hahha, saya pikir pas baca judul nya trik nya kayak orang jepang padahal mah enggak mungkin di lakukan ni -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga ada yg g mungkin
      Pasti trik ini bisa dilakukan
      Contohnya yg pake helm

      Delete
  14. hahaha... tips yg keren bang

    ReplyDelete
  15. Tsaadeeesssttt... pake semut segala. Kalo Ant-man mungkin kali ya. Wah tapi kalo guru yang ngawas punya pasukan semut yang jagain tiap siswa juga gimana ya? Whahahaha bisa Civil Wa... eh, Ant War nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya kenapa g nyewa antman aja
      Kalo pengawasnya punya pasukan semut, tenang j kan ada antman

      Delete
  16. hauahahaa ada yaa artikel yang ngajarin cara nyontek kayak gini -___- :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dund neng
      Ini cocok loh buat neng pas un nanti

      Delete
  17. Alhamdulillah saya ga perlu nyontek dan skg punya anak laki... Opo hubungane yo bang Niki. Yang nemu cara nyontek aman ini bang niki ya, hebat bang. Coba saya bacanya dulu pas sma, belum kenal internet ding dulu. Saya masih cupu mainnya cuma gembot...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah balik lagi ja k masa sma
      Gampangkan bang

      Delete
    2. Doraemon mana doraemon...

      Delete
  18. Aman, sih, aman. Tapi kan ribet banget jadinya :(

    Dosa lu, bang, ngajarin nyontek. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah terlatih pasti ga ribet rob
      Saya yakin
      Saya engga ngajarin nyontek kok
      Cuma ngasih tw cara yg aman

      Delete
  19. Lah jadi yang mana yang sebaiknya dilakuin bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya neng kalo bisa
      Coba deh praktekin pas uas nanti

      Delete
  20. bagus bagus bisa dipraktekin :D
    tapi sudah nggak sekolah lagi gimana dong nik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah mba sekolah lagi aja
      Gampangkan

      Delete
  21. pake kode aja lah....
    yg gak mau kasih kode, keplakin abis kelas ujian..

    ReplyDelete
  22. Ini dari judul gue pikir si niki bakalan serius. Pas di baca taeeeklah. Baca balasan komennya. Taeeek lagii.

    Tapi lumayanlah buat gue senyum senyum. Wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini serius loh ben
      Jangan dianggap bejanda ben
      Bisa dipraktekin loh

      Delete
  23. kalau kata murid yang pintar, menyontek itu gak efektif karena pada saat kita bikin contekan itu sebenarnya kita bisa menghafal.. tapi sayangnya gak semua murid pintar huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah efektif neng ah
      Kan nyontekny ga selalu bikin contekan
      Bisa nanya
      Nanya ama pengawasnya

      Delete
  24. Bang, kalo mau ikut les privat untuk belajar bahasa semut dimana yak? Bang Niki bisa bahasa semut gak? itu semutnya minta bayaran gak yak kalo kita jadiin mereka mata-mata buat nyontek?

    Dari semua cara diatas, aku lebih suka yang terakhir, baca pikiran. Eh ada tambahan bang: Jangan membaca pikiran orang yang bisa membaca pikiran juga, karena kalo sama-sama bisa membaca pikiran nanti apa yang dibaca coba (?).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah abng gtw neng les privat bahasa semut dimana
      Abang juga g bisa bahasa semutloh
      Coba dah tanya sama semutnya langsung
      .
      Aduh jgn neng
      Ntar pikiran abang neng baca lagi

      Delete
  25. Kalo gue sih gak perlu semua cara diatas. Ngapain bawa helm berat, apaan cape2 keluarin jurus, sayang cakra, ngapain cape2 mempelajari bahasa semut, dll. Gampang aja, sogok aja pengawasnya. Beres. #thuglife wkwkwkwk

    ReplyDelete
  26. Ada yang lebih gampang deh
    Racunin aja pengawasnyaaa :))

    ReplyDelete
  27. Waktu liat link tulisan ini di google plusmu, aku ragu buat ngeklik. Pasti nggak bener. Ternyata... KENAPA AKU KLIK? DAN KENAPA BENERAN NGGAK BENER INI TULISAN?!!!

    Cara nyontek yang aman? NGGAK USAH IKUT UJIAN ! -_- wkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah betul juga y bang
      Ga usah ikut ujian
      Otak g pusing mikirin pelajaran y bang
      Hebat si abang ini

      Delete
  28. wah jadi inget, saya dulu nempelin handphone di betis make double tip khusus buat nyontek wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih hebat y, itu kalo hapenya da panggilan betisnya yg ngangkat tuh

      Delete
  29. Waduh gan ini tipsnya berguna banget nih gan, ane mau ujian soalnya. Jadi ane harus nyiapin helm sama semut dulu ya gan? Semutnya semut apa dulu nih? Semut merah, hitam apa semut Jepang?

    Btw itu metode pake pulpen pintar kayaknya sebentar lagi gak bakal berlaku soalnya UN sekarang pake komputer, tahun 2016 emang jaman pake kertas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ki siapin dua2nya
      Semutnya bebas ki
      Kalo bisa sih semut ninja ki
      .
      Masih bisa ki
      Disamping bisa nulis dan mengisi jawaban sendiri
      Pulpen pintarnya juga bisa bisikin jawaban k kita ki

      Delete
  30. Hahah, satu lg pak, pake topeng anonymous, mengapa demikian? Karena topeng itu terlihat senyum terus, pasti pengawas pun tidak curiga :v dan ketika nanya tmn pun topeng itu ttp tersenyum :v keren kan :v

    ReplyDelete
  31. BYAKUGAAAAA!!!!!

    AJARIN GUE NIK... AJARIN GAUE JURUS NYANG ITU...
    AHHHH, GUE JADI PENGEN....
    BISA INTAP SANA INTIP SINI..
    AAHHH, MENYENANGKAN SEKALI...

    ReplyDelete
  32. OH YA NIK, CARA MEMBACA PIKIRAN ORANG LAIN ADALAH DENGAN CARA MENGEJA KATA-KATA DALAM PIKIRANNYA... OKEY?

    ReplyDelete
  33. OH YA NIK, CARA MEMBACA PIKIRAN ORANG LAIN ADALAH DENGAN CARA MENGEJA KATA-KATA DALAM PIKIRANNYA... OKEY?

    ReplyDelete
  34. BYAKUGAAAAA!!!!!

    AJARIN GUE NIK... AJARIN GAUE JURUS NYANG ITU...
    AHHHH, GUE JADI PENGEN....
    BISA INTAP SANA INTIP SINI..
    AAHHH, MENYENANGKAN SEKALI...

    ReplyDelete
  35. Bang, yang pake helm itu kalo ujiannya di atas kendaraan bermotor aja, kan? ._.
    Kalo ada pulpen ajaib, pasti ada pensil ajaib. Da percuma tuh Bang kalo pake pulpen. Disuruhnya kan pake pensil 2B. Aha.
    Gils, salah fokusnya keterlaluan x)) stop!

    ReplyDelete
  36. Sumpah gue ngakak pas pake byakugan. Itu mau nyontek sampe segitunya amat ya, wkwkwk. :D

    Tapi kalo dari pengalaman pribadi sih, kalo nyontek itu simple. Pura-pura jatuhin pensil, abis itu sekalian manggil temen sama ngeliatin jawabannya dia secara gak langsung.

    Jangan terlalu sering, nanti ketauan. Wkwkwk :D

    ReplyDelete
  37. Ini gue yang bodoh apa niki yang terlalu pinter ya. mungkin kalo tips kamu dulu aku lakuin buat nyontek niscaya nilai ku selalu 0. haha
    oke btw kalo misal lo jelasin mulai arti nyontek, faktor2 nyontek dll kayaknya mendingan jangan nulis diblog ini yah. Nulis skripsi ajaa sekalian

    ReplyDelete
  38. Wah gile, sesat lu ngajarin orang nyontek,

    Btw privat bahasa semut, kalo ada gue gue mau ikutan , haha

    ReplyDelete
  39. Imajinasimu sangat liar nak.. ngakak bacanya. mau nih yang jurus menghentikan waktu haha mau kembali ke masa lalu biar gak terjerumus ke dalam lembah kenangan mantan.

    ReplyDelete
  40. Sulit kalo nerapin cara lo, gimana kalo pengawasnya Tim Nara? Jurus bayangan mereka punya, jurus baca pikiran mereka punya, pake helm kena jurusnya Chouji langsung ancur, ya walaupun jurus menghentikan waktu mereka nggak punya..

    ReplyDelete
  41. kalau bisa sih waktu ulangan jangan menyontek. di kerjain sendiri sesuai kemampuan kita. kalau nilai bagus tapi menyontek kan engga ada istimewanya sekali, tapi jika nilai jelek itu hasil kerja kita sendiri, pasti ada suatu kebanggaan tersendiri, dan kita tau kemampuan kita seberapa. dan kita bisa tingkatkan lagi.

    ReplyDelete
  42. klo mata byakugan ada beneran, pasti nggak cuman buat nyontek gan,, tapi buat ngintip juga.. :v

    ReplyDelete