3 hal yang tidak boleh dilakukan orang berpuasa di bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tidak akan terjadi pada bulan Sya’ban dan itu artinya puasa di bulan Ramadhan ditunda sampai bulan Ramadhan tiba, saya tidak kecewa kok, tenang aja. Bulan Ramadhan tidak sampai sebulan lagi, di bulan Ramadhan nanti kita akan disuguhi oleh pertandingan-pertandingan sepakbola bergengsi dari dua kejuaraan yang berbeda, Uero 2016 dan Coppa America 2016. Sayangnya di perhelatan nanti timnas Jerman tidak akan bertemu lagi dengan timnas Brasil. Padahal saya mengharapkan balas dendam timnas Brasil yang di piala dunia 2014 kemarin dibantai oleh timnas Jerman. Karena balas dendam itu tidak baik jadi kedua negara tersebut tidak akan dipertemukan pada kedua ajang yang berbeda. Sayang sekali, mungkin mereka tidak jodoh jadi engga dipertemukan lagi. Kalau pun timnas Brasil dan timnas Jerman itu dipertemukan lagi seusai piala dunia 2014 dan berjodoh, maka akan terasa aneh, timnas Brasil dan Jerman saat itu dihuni oleh para lelaki sebut saja Ozil, Neymar, Muller, Thiago Silva, maka anak mereka akan seperti apa?

Kembali lagi ke bulan Ramadhan. Pada bulan Ramadhan tentunya orang-orang yang beriman diwajibkan berpuasa, agar bertaqwa. Nah orang-orang berpuasa di bulan Ramadhan ini tidak boleh melakukan 3 hal berikut. Apa aja 3 hal itu.

1.      Nunggu bedug
Sudah jelas, nunggu bedug itu adalah perbuatan yang sia-sia. Misalnya pas mau adzan maghrib, kita bengong di depan rumah sendirian nungguin bedug. Itu percuma, bedug itu engga bakalan dateng kok. Dia bakalan diem aja di masjid atau musholla, engga akan kemana-mana, jadi engga usahlah orang puasa nungguin bedug.

2.      Berbuka dan Sahur
Orang yang berpuasa itu tidak boleh berbuka dan sahur, sebabnya berbuka itu adalah membatalkan puasa dengan cara makan dan minum sementara sahur itu kegiatan makan dan minum sebelum waktu imsak. Nah kalo orang berpuasa terus berbuka, maka batal dong puasanya.

3.      Taraweh
Orang berpuasa tidak boleh untuk taraweh, sebabnya orang yang berpuasa di bulan Ramadhan itu dilaksanakan pada siang hari sementara tawareh itu dilaksanakan pada malam hari seusai shalat Isya. Jika ada orang yang berpuasa terus melaksanakan taraweh, bilang sama orang itu, mana ada taraweh siang hari.


Demikianlah 3 hal yang tidak boleh dilakukan saat orang sedang berpuasa di bulan Ramadhan,  sebenarnya sih masih banyak tapi males ah nyebutin satu persatu, lagi lelah aku. Semoga Ramadhan tahun ini bukanlah Ramadhan tahun kemarin.

51 Responses to "3 hal yang tidak boleh dilakukan orang berpuasa di bulan Ramadhan"

  1. Hehehehehehehe... :D

    Kalo mau Brasil dan Jerman bertemu di tahun 2016, kayaknya sob kudu mengajukan surat ke Fifa gitu deh ya, gabungin itu antara copa america dan euro, hahahahahahahahahahaha...

    Dan itu untuk yang bulan ramadhan,,, poin dua (berbuka dan sahur) dan poin 3 (taraweh), itu betul banget tuh sob jangan dilakukan tapi penjelasannya mesti kayak gitu,,,, wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh uro dicampur copa trus campur piala asia sama piala aprika biar rame

      Delete
    2. Jadi Piala Dunia dong sob, hahahahahaha :D

      Delete
  2. Hihihi.... Wah ini ustadz karbitan dari pesantren cocolatos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi tetap saya kasih Google plus ➕

      Delete
    2. Keren y bang ustad karbitan

      Delete
  3. beeeh mama dedeh dan abdel nie.. tapi ini abdelnya atau mama dedehnya

    ReplyDelete
  4. Satu lagi yang nggak boleh di lakukan di bulan ramadhan, puasa di malam hari ckck

    ReplyDelete
  5. Hehehe... kirain apaan,kalau gitu mah udah jelas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukurlah sudah jelas jadi materi ini udah bisa buat diujiin y

      Delete
  6. Wah luar biasa sekali ulasannya :')

    Semoga Ramadhan kali ini membawa banyak berkah heuheueheueueheueh....

    ReplyDelete
  7. Ahi hi hi jadi gak pengen ketawa nih bacanya, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  8. saya salut bang, pemikiran anda ternyata sangat luas sekali, brilian dan benar-benar mencerminkan anak muda yang penuh dengan ide-ide segarnya. ane sampek bingung pengen kasih komen apa, bang puput diatas juga kayaknya nulis komen sambil nahan nafas.

    ReplyDelete
  9. SERAAAH NIK. SERAAAAAAAAAAH wkwkwk :D

    ReplyDelete
  10. AKU LELAH DIGINIIN TERUS MZ ~~
    Nunggu bedug, bedugnya nggak dateng ??
    Yawlooooo ~~ Pemikiran macam apa yang coba kau tanamkan kepada pria suci seperti aku ini mz ~~

    ReplyDelete
  11. hahaha kirain serius mas saya udah serius banget bacanya. itu orang puasa malah nungguin bedug padahal kan beduk hanya diam d tempat jadi kalau mau ktmu tinggal ke tempatnya aja ga perlu di tungguin

    ReplyDelete
  12. yoi, piala eropa itu gue tunggu2 banget. euro kali... bukan uero..
    hahah ngaco, nggak mungkin jerman ketemu brazil.. yang ada ketemu argentina.

    ReplyDelete
  13. Oke, sip. Gue kira pas puasa nggak boleh lompat dari Menara Pisa.

    Gue juga, bang, lagi nungguin event bola. Lumayan nambah pemasukan dari judi bola. Oh iya, bikin post tentang prediksi siapa pemenang Euro dan Copa dong.

    ReplyDelete
  14. Yaarabb Bang, masih bahas bola... -.-
    Bentar... Yang no 2 kok rada sengklek ya. KALO GITU KAPAN BUKANYA BANG?! HUHUHU

    ReplyDelete
  15. Yaarabb Bang, masih bahas bola... -.-
    Bentar... Yang no 2 kok rada sengklek ya. KALO GITU KAPAN BUKANYA BANG?! HUHUHU

    ReplyDelete
  16. Bhhahahhaaa nungguin bedug.
    Aku bayangin bedugnya jalan keluar dr musholah trus nyamperin elu yg lagi nungguin bedug di depan rumah bang. HAHHAHAHAAAA

    ReplyDelete
  17. nambahin lagi, orang puasa ga boleh tidur. apalagi tidur bareng suami atau istri orang lain.

    ReplyDelete
  18. kalo puasa ngga boleh minum kopi ama makan goreng pisang sembari nunggu bedug buka. DILARANG

    ReplyDelete
  19. anzeeeng, betul banget lu nik. tapi kok postingan ini kek ngajak ribut yak hahaha (︶へ︶ メ)

    ReplyDelete
  20. bener juga ya.. baru kepikiran lhoooo.. jenius!

    ReplyDelete
  21. amat sangat luar binasa ulasannya. gut job

    huahaa

    ReplyDelete
  22. Wah saya mendapat pencerahan sekali setelah berkunjung ke blog ini. :")
    Jadi nanti gue nggak boleh buka dan sahur barengan ya. O-Oke..

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah, infonya bermanfaat sekali bagi sobat Muslim sekalian :")
    Berarti kumur-kumur pake air sirup boleh kan bang? Kan gak disebutin diatas.

    ReplyDelete
  24. Srkarepmu lah nik . lieur urang mh.

    ReplyDelete
  25. Kalo nungguin doi putus ama pacarnya boleh gak bang?
    Lha nomor tiga baru kepikiran, beneran weh wkkwkw

    ReplyDelete
  26. Lo kapan benernya dek

    ngahahhahahahahahha

    ReplyDelete
  27. Gila! Gue mendapatkan pencernaan yang teramat sangat. Anda cocok menjadi ustad nik... haha

    ReplyDelete
  28. Bang Nik! Aku sarankan untuk segera bangun pesantren cocolatos deh.
    Dakwahnya mulai ada kemajuan kayaknya nih. Warbiyazah.

    ReplyDelete