Telor Rebus

sumber
Tidak terasa ya setahun lagi kita akan berpuasa di bulan Ramadhan 1438 H. Untuk puasa kali ini, saya akan membagikan resep yang pas disajikan ketika berbuka puasa. Resep ini sangat mudah dibuat apalagi bagi yang tidak pandai memasak, jangan khawatir. Resep ini saya beri nama “Rebus Telor Ayam.”
Pertama, siapkan dulu alat dan bahan-bahannya.
Alat
·         Air Bening, ingat ya air bening bukan air putih. Kenapa harus memakai air bening bukan air putih? Karena yang bening itu lebih enak daripada yang putih. Coba dah kalo ngabuburit sama temen, jalan-jalan ke taman. Pasti ngabuburitnya dilakukan ketika sebelum adzan Magrib.
·         Telor Ayam. Kenapa menggunakan telor ayam? Karena kalo menggunakan telor kucing itu sulit. Sampai sekarang belum ada telur yang berkucing.

Bahan
·         Kompor. Bisa kompor gas maupun kompor sumbu, terserah mau pake yang mana. Saya sih menyarankan pakai kompor sumbu, soalnya kalo pake kompor gas itu biasa digunakan oleh om Indro pas jadi juri di SUCI. Disini sulitnya pake kompor gas, kita harus tau dulu dimana om Indro berada, engga mungkin kan kita minjem kompor gas tanpa ijin beliau, kalo pun minjem engga bilang-bilang, itu sama aja engga bilang-bilang pas minjem.
·         Panci. Panci ini bisa didapatkan di konter hape, cobalah kalo engga percaya.

Setelah alat dan bahan sudah siap, mari saya beri tau langkah-langkahnya.
1.      Niat. Niatkan dirimu untuk memasak, niat itu penting. Ada dalilnya, segala sesuatu itu diawali dengan niat. Bayangkan ketika ingin memasak namun niat dalam hati kita ingin mandi, pasti ketika kebelet ee kita akan masuk ke wc, tapi sayangnya engga muat, jangan! Kita engga boleh masuk ke wc.
2.      Nyalakan kompor. Nyalakan kompor dengan api jangan sekali-kali dengan air, kalo dengan air itu bukan menyalakan tapi memadamkan. Ini terbukti, misalnya saja pemadamam kebakaran. Pemadam kebakaran memadamkan api itu pake seragam pemadam kebakaran, kalo engga pake baju dia telanjang.
3.      Letakkan api di bawah panci, kemudian masukkan air ke dalam panci, kalo airnya engga mau masuk, berarti dia absen. Nah ini biasa terjadi ketika memasak air. Begitu banyak alasan yang dimiliki oleh air untuk enggan masuk ke panci, namun biasanya ketika uas tiba, air ini tiba-tiba masuk dan dosen pun pasti tak sudi memberi nilai A pada air tersebut.
4.      Tunggu lah lima menit sampai airnya mendidih, ketika airnya mendidih ceplungkanlah jari anda, pasti panas. Jangan diangkat hapenya ketika tidak ada panggilan telepon dari orang lain. Tahan jari anda selama lima menit, anggap saja itu latihan kalo anda ini masuk neraka, semoga kita masuk surga. Amin.
5.      Ketika airnya mendidih masukkan air, ingat jangan diaduk takut airnya kecampur. Setelah itu masukkan telor ayam tadi ke dalam air mendidih, biarkanlah sang telur berendam sementara, dan jangan ganggu telor itu. Tunggu sampai sepuluh menit.
6.      Angkatlah telornya dari panci kemudian letakkan di atas piring dan simpanlah airnya di dalam kulkas untuk menghemat air ketika ingin direbus kembali.
7.      Telur sudah matang dan siap dimakan.

Demikian resep ini saya buat sebenar-benarnya, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih.
                        

61 Responses to "Telor Rebus"

  1. Tips yang mudah, terima kasih sharingnya gan :D

    ReplyDelete
  2. Hahaha brilian!

    Dengan tips ini, kita akan terhindar dari yang namanya "Mati Kelaparan". Hehe

    ReplyDelete
  3. Widih.. Bang niki pinter banget masaknya.

    Air rebusannya emang bisa dipake sampe berapa kali bang?

    Ini nulisnya pas lagi puasa ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air rebusnya bisa dipake seummmur idup neng

      Delete
  4. cuman masak telor aja ribet amat. banyak peraturan. ini boleh kan dilanggar. air bekas rebus telor disimpen di kulkas. menuhin kulkas aja. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini g oleh dianggar neng yg boleh di langgar itu solat neng

      Delete
  5. Gue sampe baca bolak balik lho pas kalimat air bening dan putih sama korelasinya ngabuburit di taman dan Adzan Magrib !!
    Astaghfirullah !!
    Untung baca postmu kayaknya udah masuk dalam kategori yang membatalkan puasa deh Nik.
    Untung bacanya pas udah buka, coba kalo belum buka. Pasti tutup !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata "untung" yang pertama kayaknya dihapus aja yha. :(

      Delete
    2. Jangn diapus bang
      Masa untungny dileps gitu j bang
      Emang g mau untung y bang?

      Delete
  6. saya kira akan membuat telor ayam rebus nya jadi berbentuk hati kaya di foto :D Ya iyalah harus telor ayam karena kucing itu beranak bukan bertelur :D

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Manfaatnya masukan air ke air mendidih apa ya bang? Baru tau kalau mau bikin telor rebus aja ribet banget.

    Bang kalau dapetin pancinya di toko bangunan bisa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Supaya airnya terebus nak
      .
      Bisa kok coba ja

      Delete
  9. benar-benar anak kos pecinta hemat, air bekasnya aja dihemat.

    eh, ide bagus lho kalo rebusnya pake air putih, misal, air susu atau air tajin, atau air gamping

    ReplyDelete
  10. Pikiranmu out of the box ya Nik :' antara kesel dan salut sih :'

    ReplyDelete
  11. Widiiiih, lewat nih chef Rudi Choiruddin... Jago banget kamu masaknya. Kenapa nggak jadi tukang service hape aja

    ReplyDelete
  12. Telor rebus cocoknya dimakan bersama mie kuah + cabe rawit :v

    njir puasa tong ngapain ngomongin makanan, dosa luw kwkwk

    ReplyDelete
  13. sungguh info yang bermanfaat :'))

    ReplyDelete
  14. kamu tidak berperi kehewanan. kenapa telur nya dimasak? telur kan cikal bakal anak ayam. gimana jika ayamnya tidak bisa melanjutkan keturunannya?

    ReplyDelete
  15. langkah2nya gak lengkap.. telornya gw gigit masih ada cangkakng nya..

    tanggung jawab!!!!

    ReplyDelete
  16. keren, jadi pengin mraktekin :)

    ReplyDelete
  17. apa apaan ini masak telur susah banget.
    aku mau beli di warteg aja , ena' ena'

    ReplyDelete
  18. aku mau telor lope lope kek gitu

    Bikinin dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa g minta lope lope yg laen neng?

      Delete
  19. baguusss..
    nice tips nik, keren lah kau ini pandai ternyata masak telur rebus, baik hati juga udah mau berbagi.

    ReplyDelete
  20. Waw, terima kasih atas tips yang lo berikan, ini membantu banget bagi gue yang belum pernah makan telor ayam.

    Tapi gue bingung cara makannya nih. Cara makannya gimana? Apakah gue harus makan sambil jungkir balik? atau sambil sikap lilin?. Menurut lo agar lebih nikmat gimana nih cara makannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul kata abang
      Coba deh praktekin

      Delete
  21. KElar baca ini, gue jadi tau ternyata masa telor rebus itu sulit, ya. Butuh perjuangan banget.

    Semoga gue bisa masa telor rebusnya, nik. Takutnya gak jadi telor rebus.

    ReplyDelete
  22. Padahal baru aja kucing gue bertelur...

    ReplyDelete
  23. hahahahah makasih loh tipsnya, bang XD

    ReplyDelete
  24. Hehehehe.. Iya mudah sob bikin rebus telor ayam... hahahahaha makasih resepnya sob wkwkwkwkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton Belgia lawan Italia nggak sob? mantap kan Italia...

      Forza Azzurri! :D

      Delete
  25. Oh iya, kalo telor yang dipake itu telor ayam aduan gimana ya? Tapi ayamnya diadu domba sama Pak RW. Gimana tuh Chef Niki?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalah ayamnya kalo diadu sama domba

      Delete
  26. wow pasti saya akan membuat ini saat sahur nanti

    ReplyDelete
  27. gua kesel sama tulisan eluh...
    untung kita jauh... kalau deket mah gua tampol luhh...!!


    BTW kayaknya enak nih buat ngebatalin puasa di tengah hari bolong :O

    ReplyDelete
  28. dah lama gak berkunjung ke ini blog. ternyata msh gila....hahahahhaha...

    oya... bahan dan alat bkn nya ke balik nik...??

    ReplyDelete
  29. Kenapa rasanya aneh sekali ketika baca "letakkan api di bawah panci". Seolah-olah api itu gampang dipegang dan dipindahtangankan.

    Eh, tapi beneran kan telornya jadi? Gak setengah mateng atau beneran telornya gak jadi ngelahirin anak ayam?
    Beneran telor yang bisa dimakan?

    ReplyDelete
  30. Lucu banget telor nya bentuk love
    Kalo gw demen nya telor ceplok

    ReplyDelete
  31. Haha telur yah, jadi ingat waktu sewaktu saya nge kost, Menunya Telur dan juga mie. Niki setiawan saya udah Follow blog kamu, jangan lupa Folback yah

    ReplyDelete