Cara Membuat Api Rebus dan Api Goreng, Dijamin Enak Banget

Holla semua, apa kabar nih? masih pada waras kan? yah kenapa mesti waras, harusnya jadi gila dong.
Ok tapi saya engga maksa kok.
Hmm, sebentar lagi 17 agustusan nih. Kalo boleh tau, di daerah kalian 17 Agustus jatuh pada tanggal berapa? Boleh tau engga?
Kalo di daerah saya sih 17 Agustus ya tepat pada tanggal 17 Agustus, lah udah tau 17 Agustus malah nanya tanggal, kan geblek yang nanya, hadeh-hadeh.

Ngomongin 17 agustusan, gimana kalo kita bahas kuliner. Jarang-jarang loh bahkan hampir engga pernah yang punya blog ini bahas soal makanan. Soal makanan, apa sih makanan kesukaan kalian? Kalo saya sih sukanya makan nasi, dari kecil sekitar umur 4-5 tahun sampe sekarang saya masih suka makan nasi, jadi nasi adalah makanan favorit saya. Walau nasinya itu rasanya seperti rasa nasi pada umumnya, saya tetep aja engga bosen makan makanan yang satu ini.

Nah, biasanya kan orang kalo makan nasi itu dicampur lauk-paku. Sekarang saya mau bahas soal makanan yang bisa kamu makan sebagai pengisi kekosongan perut selain nasi, dijamin dah kamu ketagihan setelah mencobanya.

Kamu tau jenis mie berdasarkan cara masaknya? Berdasarkan cara masaknya, mie dibedakan menjadi dua, yaitu mie rebus dan mie goreng, catet nih siapa tau pas ujian keluar.
Mie rebus adalah mie yang dibuat dengan cara direbus sementara mie goreng adalah mie yang dibuat dengan cara digoreng, tapi aneh loh kalo beli mie instan yang mie goreng, masa mienya direbus juga. Anehkan?


Saya tidak akan membahas tentang mie di sini. Baru-baru ini saya mendapat resep baru, yaitu api rebus dan api goreng. Kenapa saya namakan seperti itu, agar makanan ini dapat diterima di kalangan pecinta makanan seperti mie yang sudah menjadi makanan sejuta umat saat lauk paku mahal harganya.

Api Rebus
Cara membuat api rebus ini hampir sama seperti membuat mie rebus, hanya bahannya sajalah yang beda. Jika membuat mie rebus kalian membutuhkan bahan yang namanya mie sementara untuk membuat api rebus kalian perlu bahan yang namanya api.

Pertama, seperti biasanya kalian nyalakan kompornya menggunakan api, ingat jangan dibakar kompornya. Taruh panci di atas kompor yang sudah dinyalakan api, kemudian masukan air sekitar 500 ml, sebelum dimasukan air kalian ukur dulu banyaknya air, ingat harus 500 ml engga boleh lebih atau kurang.

Kedua, kemudian tunggu sampai airnya mendidih. Setelah kamu tau airnya mendidih, kamu masukan bahannya yaitu api ke dalam air, ya seperti memasukkan mie gitu lah.

Ketiga, tunggu sekitar 5 menit agar apinya matang. Setelah kamu menunggu, dan taraaaaa, kamu tuangkan api rebus tadi ke dalam mangkok.

Walau saya sudah mencobanya beberapa kali, anehnya setiap ingin memasukkan api rebusan tadi ke dalam mangkok, selalu saja apinya menghilang. Ini aneh sekali. Padahal cara merebusnya itu sama seperti merebus mie. Ada yang tau itu kenapa?

Api Goreng
Cara membuat api goreng ini sama seperti membuat mie goreng, jadi caranya itu sama seperti membuat api rebus di atas hanya saja apinya tidak pake kuah ketika dimasukkan ke dalam mangkok atau piring. Dan anehnya ketika saya membuat api goreng, lagi-lagi apinya menghilang setelah saya rebus.

Yang Pernah Makan Api
Apa kalian percaya bahwa ada yang pernah makan api di dunia ini? pasti engga percaya ya. Padahal ada loh yang pernah makan api. Api kok dimakan? Kayak engga ada makanan lain aja.

Nih dia yang pernah makan api.
Namanya Shon Agia Oguri, yang pernah jadi Takiya Genji. Di film ini dia lagi nyereput api. Tuh kan masih ada teks subtitelnya yang bilang dia seneng banget api.


Manfaat Makan Api
Seperti makanan pada umumnya, setiap makanan pasti punya manfaat masing-masing seperti makan nasi manfaatnya membuat perut kenyang, makan tempe manfaatnya membuat perut kenyang atau makan mie rebus manfaatnya membuat perut kenyang juga. Sama seperti makan api, ini ada manfaatnya, sttt jangan salah, gini-gini juga saya belum pernah makan api, ya karena saya belum pernah makan api dan bahkan engga mau makan api karena takut kebakar mulut saya jadi maaf saya engga tau manfaat makan api. Kalo kalian mau coba  makan api ya silahkan saja.

27 Responses to "Cara Membuat Api Rebus dan Api Goreng, Dijamin Enak Banget"

  1. Selamat hari pramuka 14 agustus bang! Salam Pramuka!

    Luar biasa, saya tercengang dengan tutorialnya, secara chefnya sudah kategori master :(

    Tapi kalo yang api goreng, harus pake minyak apa gitu kaya makanan ala-ala seafood dan masih keliatan apinya pas disajikan di piring.

    ReplyDelete
  2. awalnya aku waras kok, sumpadaaaa...
    kemudian jalan-jalan, blog walking gitu ceritanya nik
    dan ketika kesasar kesni dan baca postmu tentang api
    seketika aku menjadi Daenerys Targaryen yang naga nyemburin api-api di dekstop PC

    ReplyDelete
  3. manfaat makan api ckckck nik, nik ade2 aje lauu Σ( ° △ °|||)?

    ReplyDelete
  4. gw pernah makan dendeng API, tapi pake ES, dan namanya jadi SAPI

    ReplyDelete
  5. Mau direbus atau digoreng namanya api ya tetap api, tidak bisalah nik dimakan,

    Manfaat makan tapi lebih tempatnya bikin perut terbakar, haha :-)

    ReplyDelete
  6. pesen api gorengnya satu ya
    setengah mateng aja

    ReplyDelete
  7. Kalo di dunia anime, ini bisa masuk akal. Kayak di Fairy tail yg si Natsu makin kuat kalo udah makan api. Bahkan ada juga karakter yg membuat api jadi beku dan memakannya. Apalago cuma direbus. Apinya sasuke gak bakal padam walo kena air sekalipun. Masalahnya, kamu manusia apa karakter anime Nik?

    ReplyDelete
  8. Wah. Gampang juga ya. Itu udah gak pake bumbu-bumbu apa gitu, Bang? Biar makin enak.

    ReplyDelete
  9. Api kukus saos padang dong requestt

    ReplyDelete
  10. boleh dong apinya digoreng biar ramai/.....

    ReplyDelete
  11. wah tips yang sangat bermanfaat sekali kak, semoga masuk page one google, ya!

    terus kalo abis makan api, kita beraknya api juga gak kak?

    ReplyDelete
  12. Nik, lauk paku itu kayak gimana? Gue belum pernah makan, sih. Emang enak, ya? Lidah lu gak bolong gitu?

    Jangan pernah makan api, Nik. Bahaya. Apalagi kalau apinya amaterasu.

    ReplyDelete
  13. Sungguh tutorial yang sangat bermanfaat. Semoga bisa jadi menu andalan di semua rumah makan terbaik dunia. Hahaha

    ReplyDelete
  14. demi apa aku mampir ke blog ini hahaha. suka deh sama tulisannya, nik. jalan pikiran kamu liar bener. mana ada anjis api yang bisa direbus dan digoreng? kalau es goreng mah emang ada ya.

    btw, aku juga suka sama gintama. banget banget. apalagi pas live actionnya pake aktor shon oguri. hahahaha. ngakak onlen.

    salam kenal ya. baru pertama mampir kemari.

    ReplyDelete
  15. Pertamakalinya mampir ke blog ini nih. Taunya dari blognya Robby. Hahaha. LIar sekali imajinasimu, nak. Syebal-syebal gimana gitu pas bacanya. :'D

    ReplyDelete
  16. gue rasa menu api goreng/rebus ini pantas menjadi sala satu menu terbaik di MasterChefID

    ReplyDelete
  17. naga kali yak makan api -_____- ))

    ReplyDelete
  18. Bang, bsk2 coba bikin tutorial api panggang deh. Pgn taw aja gtu bkinnya bgimana.

    ReplyDelete
  19. Kayaknya bakal laris ya kalau jual api rebus dan api goreng :3

    ReplyDelete
  20. Kunjungan lagi. Tutorialnya bagus. Ngggak mau praktekkin aaah....

    ReplyDelete
  21. Salam kenal..nggak enak makan api enaknya makan mie rebus hari ini

    ReplyDelete
  22. kayaknya enak nih, makasih tutor nya :)

    ReplyDelete