Hati-Hati Membaca Di Wattpad, Jangan Ketipu Sama Judulnya


Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan wattpad. Ya wattpad atau disingkatnya wp merupakan platform dimana kalian bisa nulis cerita fiksi atau non fiksi dengan berbagai macam genre di dalamnya. Di wp juga ada system ranking, jadi kita bisa tau karya kita nongol di ranking berapa, tapi saya masih engga tau gimana cara penilaian ranking di wp. Ah masa bodo lah sama ranking di wp. Selain ada ranking, di wp juga ada system remedial dan ulangan harian.

Lo kira sekolahan!

Selain itu juga kita bisa melihat banyaknya pembaca dan rating pada karya kita atau karya orang lain. Wah bagi suka hobi nulis cerita, wp emang cocok banget buat kamu.

Selama saya vakum dari dunia pergoblogeran eh perblogeran, saya menghabiskan waktu di dunia per-wp-an, ya sekedar iseng-iseng aja buat cerita yang engga jelas dan engga punya tujuan. Ya siapa tau ada penerbit khilaf yang ngelirik karya saya, sayangnya sampe sekarang engga ada penerbit yang khilaf.

Bagi kalian yang udah lama jadi pembaca blog saya ini, dulunya kan label coklatshit, isinya bercerita tentang pemuda bernama Coklat yang ngeselinnya minta ampun. Nah si Coklat ini dulu juga pernah nongol di wattpad, namun karena ada satu hal, si Coklatshit ini terpaksa diunpub karena sekarang nongol di web ceritera.net. Bagi yang mau baca kelanjutan si Coklat dkk, cek di sini aja. Tapi lumayan juga di ceritera kudu pake kata baku, agak susah gimana gitu ya kalo genre komedi pake bahasa baku. Ya mungkin sayanya aja yang belum menguasai teknik menulis komedi dengan kata baku.

Walau si Coklatshit udah ditendang dari wp, tapi saya masih punya loh karya yang engga jelas lainnya. Hahaha.

Judulnya Mr Jengkol Vs Ms Pete. Entah saya harus bangga atau prihatin, kenapa cerita engga jelas kayak gini bisa banyak pembacanya. Lah gimana engga jelas, nih cerita saya tulis cuma iseng-iseng doang, isinya juga engga lebih dari sekedar perang bully-bullyan antar pembaca wp yang sudah jadi teman saya. Walau isinya engga jelas gitu, tapi kalo nyari inspirasi buat ngebully lancar loh. 

Awalnya tuh ya, saya sering parodiin tokoh dari karya teman-teman saya. Lalu, teman saya yang bernama Cinta dan Revan membuat cerita dimana isinya bully-bullyan, dan saya jadi salah atu korbannya lantaran engga terima tokoh di karyanya mereka berdua diparodiin. Karena dua makhluk ini, saya pun berinisiatif membuat cerita, maka terlahirlah cerita MJ vs MP ini yang engga disangka-sangka udah nipu banyak orang.

***


Cerita yang udah 13 chapter ini udah dapet 9ribuan pembaca, tapi yang vote dikit, engga nyampe 400an. Itu artinya yang baca ini ketipu sama judul dan covernya. Syukurlah kalo pembacanya sadar, kalo cerita ini emang engga layak dibaca.

Wajar aja sih kalo pembacanya ketipu, biasanya di wp itu kalo ada yang judulnya vs-vsan laku keras. Misalnya kayak, ketua kelas vs wakil ketua kelas, osis vs kepsek, atau kakak kelas vs adik kelas. Lah itu penghuni sekolah kerjaannya berantem mulu.

Ini bukti kalo Mj Vs Mp engga layak baca.



Yang ini nama tokohnya Ee’van, dia itu jelek tapi pengen banget dibilang ganteng sama cewek-cewek penghuni sekolahnya. 

Tuh kan apa sayang bilang, cerita ini emang engga jelas. Mana ada orang diinjek-injek berubah jadi ganteng! Tapi ini bisa loh digunain buat kalian yang engga pede sama muka kalian, kalian bisa tiru perbuatan di atas. Ya siapa tau abis diinjek-injek muka kalian bisa jadi ganteng.






 


Ini namanya Ee’rham diambil dari nama Rafindairham, dia itu hobi banget buat nyedot tinja. Cuma di sini, ada orang yang punya obsesi tinggi banget buat nyedot tinja, bagi dia tinja itu lebih daripada emas.



Namanya Cinta, cewek sadis ini emang doyan banget bikin cowok-cowok menderita. Salah satu korbannya si Coklat, biji otongnya sampe netes gara-gara ditendang sama dia.





Kan geblek banget. Ini kalo engga salah ceritanya mereka pengen ngebuktiin bahwa ada siswa yang diduga hantu.



Walau ceritanya engga jelas, tapi ada sisi romantisnya loh. Buktinya, wc bisa ngomong, baperan lagi. Si wc jongkok ini jatuh cinta sama sosok Ee’rham



Tuh kan dibilang apa si Cinta emang cewek sadis, ada cowok yang ngerangkul dia langsung dibanting.



Woy mana ada orang bersin bisa keluar mobil dari hidungnya!



Selain sadis dengan tangan kosong, si Cinta ini suka bawa-bawa gergaji mesin.



Ini ceritanya si guru BP tampan, namanya Niki, ya emang sih yang namanya Niki itu tampan. Tapi mana ada woy orang megang gagang pintu terus tangannya lepas!



Hmmm, ada yang ngerti maksud ucapan mereka?


Cinta emang bener-bener sadis, pala orang aja diamplas ke lantai sama dia.


Hebat kan ada orang yang jatuh cinta sama upil

Nah buat kalian yang mau ngetop di wp, kalian engga perlu bikin cerita yang rumit, bikin aja judul yang kayak ftv-ftv, terus bikin cover yang so sweet banget. Laku keras dah banyak yang baca. Ckckck.

Saya bersyukur loh, semakin ke sini cerita Mr Jengkol Vs Ms Pete semakin sedikit pembaca di tiap babnya. Itu artinya mereka udah sadar, dan cuma sesekali ketipu sama judul dan covernya. Tapi yah, semakin sedikit pembaca di setiap bab barunya itu, banyak loh yang ngalamin, engga cuma karya saya doang. Biasanya tuh cuma di bab pertama doang yang pembacanya banyak tapi bab-bab selanjutnya jadi makin sedikit. Hebat.

Semoga aja para pembaca karya fiksi engga ketipu sama judul dan covernya yang menarik. Lihat dulu sinopsisnya dan review-review dari yang udah baca. Dan jangan pernah baca Mr Jengkol Vs Ms Pete!




Share this :

Previous
Next Post »
8 Komentar
avatar

Ternyata jlh pembaca blm tentu menentukan kualitas, ternyata lbh jumlah votenya 😁

Balas
avatar

hal baru bagi saya wattpad ini, selalu ada yang baru di internet

Balas
avatar

Dulu pernah instal Wattpad. Tapi akhirnya gue hapus. Males. Banyak plagiator di dalam sana. Nanti kalo tulisan jelek gue di-plagiat gimana? Udah jelek di-plagiat, ya makin jelek.

Dan sepertinya yang baca MJ vs MP merasakan penyesalan yang sangat dalam, membuat depresi, lalu bunuh diri. Lanjutkan prestasimu ini kisanak..

Balas
avatar

saya belum sempet ngisi tulisan di WP, cerita gak jelas juga sudah saya siapkan

Balas
avatar

makanya kenalan om sama wattpad, siapa tw jadi penulis terkenal

Balas
avatar

iya kapten, terimakasih atas dukungannya

Balas


Fans Saya