Perpanjang SIM Di Gerai SIM Alam Sutera Tangerang


SIM atau Surat Ijin Mengemudi merupakan salah satu kelengkapan yang dibawa saat berkendara selain STNK, helm, dan kendaraan yang dibawa tentunya. Merupakan kewajiban bagi seorang pengendara kendaraan bermotor untuk memperpanjang masa aktif SIM setiap lima tahun sekali. Jika sudah habis masa  berlakunya kartu SIM, tentu kita akan kerepotan sendiri karena engga bisa SMSan, teleponan atau mengaktifkan paket data.

Nah ini kebetulan atau engga ya, pokoknya saya mah engga tau dah, tiba-tiba aja pas saya lihat masa berlakunya SIM C saya tinggal dua minggu lagi. Toh daripada repot-repot lagi bikin SIM yang baru, saya pun memutuskan memperpanjang SIM saya.

Di Tangerang ini, pelayanan SIM keliling juga ada loh, cuma saya engga terlalu tahu tempat-tempat mana aja yang disinggahi oleh pelayan SIM keliling di tiap harinya. Lagian juga toh, saya bakalan kaget kalo liat SIM keliling. SIM kan benda mati, engga punya kaki juga, toh mana bisa dia seenak-enaknya keliling sesuka hati.

Kalo saya sih rekomandasikan perpanjang SIM itu di mall alam sutera, selain itu juga bisa cuci mata, belanja, nonton atau pun makan. Awalnya saya tahu di mall alam sutera ada gerai SIM itu ketika kurang lebih 10 bulan sebelumnya ketika saya perpanjang STNK di situ dan engga sengaja liat ada gerai SIM di sebelahnya. Pas waktu dulu perpanjang STNK di situ, cepet sih, engga butuh waktu 5 menit dah kelar.

Tepat hari Jumat tanggal 19 Januari 2018 atau dua minggu sebelum SIM saya mati, saya memutuskan buat perpanjang SIM di gerai SIM alam sutera. Waktu itu sih, saya ke sananya sekitar jam 1-an.

Nah sebelum berangkat buat perpanjang SIM, ada beberapa hal yang mesti kamu persiapkan. Seperti pulpen, ini penting buat nanti ngisi formulir. Fotocopy KTP, engga perlu dilegisir fotocpy KTPnya ya. Saya waktu hanya membawa dua buah fotocopy KTP, eh yang diperlukan cuma satu doang, nyesel saya bawa dua, berat-beratin doang. Terus bawa SIM asli, terus bawa uang buat bayar perpanjangan, kalo lupa bawa duit kas, tenang aja kok di mall alam sutera juga ada mesin ATM yang engga jauh dari gerai SIMnya, tapi engga boleh dibawa pulang loh mesin ATMnya. Dan kalo engga salah biaya perpanjangan SIM disana itu sekitar 135.000 an, itu udah surat keterangan dokter dan tetek bengek lainnya. Ya bawalah duit lebih buat kamu jajan atau nonton di sana. Yang terakhir dan paling penting ketika kamu mau perpanjang SIM itu adalah bawa diri.

Saya berangkat dari rumah jam 1 pas, karena takut perjalanan ke sananya macet terus kesorean, kan kalo kesorean bisa-bisa gerainya udah tutup. Perjalanan saya dari rumah menuju mall alam sutera berlangsung lancar, aman, tanpa hambatan. Dan sekitar jam 1 lewat 5 menit, saya pun sampai di sana.
Nah buat yang bingung engga tau dimana gerainya, kamu bisa tanya aja sama petugas mallnya. Pasti dikasih tau kok, dan petugasnya itu ramah-ramah.

Ketika sudah sampai di parkiran, tepatnya di basement, saya pun langsung menuju lantai 1. Cukup hanya sekali naik tangga jalan, nanti ketemu petugas, kamu bisa langsung tanya pak petugasnya loh. Nanti kalo udah ketemu pak petugas pas abis naik tangga jalan, ada pintu di sebelah kiri, kamu bisa langsung masuk aja.



Sialnya pas sampe di depan gerai, gerainya masih tutup. Saya lantas kecewa, dan ingin rasanya duduk di bangku yang sudah disediakan di depan gerai. Di bangku itu juga ada 2 orang bapak-bapak yang mau perpanjang SIM. Saya merasa kasihan ketika bangku yang engga bersalah harus diduduki sama 3 orang, termasuk saya. Betapa beratnya beban yang dia tanggung untuk menopang para manusia-manusia yang menunggu dibukanya gerai SIM. Setelah ditelusuri lebih lanjut, siang itu ada rapat bagi petugasnya. Dan kami para manusia yang ingin perpanjang SIM pun ditelantarkan tanpa harus tau kapan gerainya dibuka.

Kurang lebih satu setengah jam kami menunggu, dan akhirnya sekitar jam setengah 3 sore, gerai SIM pun dibuka.

Horeeee.

Pas dibuka, saya langsung nyodorin syarat-syarat kelengkapan perpanjang SIM seperti fotocopy KTP sebanyak 1 lembar dan tentunya SIM asli. Nah bagi yang lupa fotocopy KTP, engga perlu khawatir, karena petugas gerai SIM sudah mempersipkan solusinya, yaitu numpang fotocopy KTP di gerai samsat. Engga jauh kok dari situ, cuma di sebelahnya doang. Gratis fotocopynya? Bayarlah!

Abis ngasih kelengkapan surat, kita bakal dikasih formulir yang berisi biodata. Ingat saat ngisi formulir jangan sekali-kali jawaban kamu seperti nama, alamat dsb sama kayak jawaban orang yang juga ngisi formulir. Ini bahaya, bisa-bisa nama kamu engga dipanggil untuk proses selanjutnya.

Abis nyerahin formulir, saya disuruh nunggu lagi, engga sampe satu menit nunggunya eh nama saya dipanggil buat sesi bayar sama sesi poto. Nah jadi buat kamu yang perpanjang SIM, kamu harus tampil rapih, pakai baju dan jangan telanjang. Supaya pas dipoto bisa keliatan ganteng maksimalnya, kalian jangan lupa pake pomade, parfum, bedak, dan juga lipstick.

Abis dipoto, saya suruh nunggu lagi, eh engga sampe satu menit lagi SIM saya udah jadi. Abis itu pamit dah sama pak petugas yang udah melayani buat perpanjang SIM.

Pas sampe rumah dan membawa SIM baru, saya engga pamerin loh ke tetangga. Tapi, kenapa ya saya ngerasa rugi perpanjang SIM. Udah lama-lama nunggu buat perpanjang SIM, eh SIM yang lama engga dibalikin, terus lagi bentuk SIM baru ini sama aja bentuknya kayak SIM lama, kirain mah lebih panjang kali. Nyesel saya.

Jadi, perpanjang SIM di gerai SIM mall alam sutera itu terbilang cepat loh, hanya sial aja pas itu petugasnya lagi ada rapat jadi kelamaan nunggu rapatnya. Pas perpanjangan SIMnya mah cepet banget.

Nah buat temen-temen yang berada di daerah Tangerang, kalo mau perpanjang SIM gerai SIM alam sutera pas banget buat kamu. Selain cepet, juga engga repot, udah gitu abis perpanjang SIM bisa jalan-jalan dulu di mall.

Share this :

Previous
Next Post »
6 Komentar
avatar

Syukurlah umr simku belum habis
Soalnya lagi merantau buat kuliah, kalau habis terpaksa pulkam buat perpanjang kan ribett

Balas
avatar

setelah diperpanjang, simnya jadi berapa meter, Nik?

Balas
avatar

kenapa engga diabisin aja om umurnya

Balas
avatar

SIM ane lewat masa berlaku 1 hari. Masih bisa di perpanjang tidak?

Balas
avatar

Ga tau mas
Coba datang j dulu
Tanya sama petugasnya

Balas


Fans Saya