Fakta Unik Sapi yang Mungkin Belum Kamu Ketahui. Hati-hati Nomor 2 Sesudah Nomor 1 Loh


Sapi. Kalian pasti tau tentang sapi ini pastinya kan?
Ya sapi yang memiliki nama ilmiah Bos taurus ini adalah hewan yang biasanya jadi langganan ketika lebaran haji. Selain dikenal sebagai hewan yang menghasilkan susu dan hewan kurban, ternyata ada beberapa fakta unik mengenai hewan yang satu ini. Yosh apa aja fakta uniknya

  1. Sapi berasal dari perpaduan antara es dan api. Keduanya benda ini lantas bergabung dan jadilah sapi. Kalian pasti belum tau kan kalau kata es dan api bisa jadi esapi, karena engga enak ada huruf e-nya di depan makanya huruf e ini diusir dan jadi sapi. Sayangnya sampai saat ini tidak diketahui keberadaan huruf e yang dulunya ikut sapi. Bagi yang melihat keberadaan huruf e harap beritahu pihak keluarganya, karena sampai saat ini pula, keluarganya masih bersedih atas kepergian si huruf e.
  2. Seekor sapi memiliki 32 gigi. Seekor sapi akan mengunyah sekitar 50 kali dalam satu menit, membuat rahang mereka bergerak sekitar 40.000 kali sehari. Hebat sekali ya orang yang ngitungin kunyahan sapi dalam waktu satu menit. Orang ini patut diapresiasi, soalnya kalo orang ini engga ngitungin kunyahan sapi dalam satu menit, tentu orang awam kayak kita engga bakalan tau
  3. Sapi akan menghabiskan sekitar 8 jam sehari makan dan akan mengkonsumsi sekitar 40 pon makanan dalam sehari. Wah engga heran kalau ada orang yang kerjaannya makan mulu setiap hari sering dikatain sapi, begitu toh awal mulanya. Ok saya jadi tau.
  4. Sebuah bak mandi yang menampung antara 30 dan 50 galon air. Tahukah kamu bahwa seekor sapi dapat minum air sebanyak itu hanya dalam satu hari. Wih itu engga kembung apa minum sebanyak itu.
  5. Dengan semua makan dan minum yang dilakukan seekor sapi dalam satu hari, mereka akan buang air kecil sekitar 30 galon dan menghasilkan sekitar 60 pon pupuk kandang. Jadi dalam satu tahun, seekor sapi akan menghasilkan sekitar 20.100 pon sampai 10 ton pupuk! Itu baru satu sapi, coba dah hitung ada berapa sapi di dunia ini terus kamu kalikan 10 ton.
  6. Seekor sapi akan berdiri dan berbaring sekitar empat belas kali sehari. Sapi bisa tidur saat mereka berdiri! Alangkah nyaman. Hmmm kira-kira apanya nih yang berdiri?
  7. Sapi adalah herbivora yang memakan vegetasi seperti rumput. Ya iyalah dia kan herbivora makanannya pasti rumput, kecuali kalo dia itu hewan karnivora yang makannya daging. Nah kalo yang makannya daging sama tumbuhan itu namanya rakus.
  8. Kebanyakan orang berpikir bahwa sapi memiliki empat perut. Itu sebenarnya tidak benar. Mereka hanya memiliki satu perut dengan empat bilik yaitu rumen, retikulum, omasum dan abomasum. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghancurkan materi tanaman keras yang biasanya tidak dapat dicerna.
  9. Reproduksi sapi berlangsung dalam jumlah yang sama seperti kehamilan manusia, sembilan bulan. Berarti kalo sapi hamil itu nanti anaknya bulan yang jumlahnya sembilan buah gitu?
  10. Suara sapi itu “maooooo.” Makanya kalo sapi disuruh makan dia selalu ngomong “maoooo”, dikasih minum juga ngomong “maooooo.” Berarti sapi itu termasuk jenis makhluk hidup yang bisa disuruh-suruh ya. Ayo sapi kerjakan PR saya, “maooooo.”
  11. Sapi pertama yang naik di pesawat terbang adalah Elm Farm Ollie pada bulan Februari 1930. Kebetulan, Ollie juga sapi pertama yang diperah pada pesawat terbang.
  12. Sapi merupakan hewan yang bermental baja. Dia engga pernah malu telanjang bulat meski susunya sering diliatin orang. Selain itu juga sapi engga takut disembelih pas idul adha.


Nah itu dia fakta unik mengenai sapi yang mungkin belum kalian ketahui





Share this :

Previous
Next Post »
12 Komentar
avatar

Yang bikin artikel ini juga hebat sekali.

Btw, si Sapi gaul banget tuh. Giginya aja pake behel, hehehe.

Balas
avatar

kenapa gue baca semua tulisan ini :((


tapi fakta yang pertama paling seru sih. ternyata dia gabungan dari dua kata itu. wah hebat. ini lama-lama gue tambah pinter baca tulisan-tulisan lu, nik

Balas
avatar

sapi hewan yang sangat kuat dan rela hati membantu pekerjaan manusia dalam membajak sawah dan ladang
manusia hanya bermodan pakan, maka bekerjalah si sapi ini dengan giatnya

1930 pernah diperah di pesawat ya?
saya baru dengar yang ini mas

Balas
avatar

Hari jum'at di kantor, baca postingan ini ngakak sendiri
fakta yg di tulisa dengan apik dan menghibur jd gak monoton
mantaff dah mas niki

Balas
avatar

Taiklah, gabungan es dan api bisa jadi hewan. XD

Iya juga ya, Bang Niki. Orang yang ngitungin berapa kali sapi mengunyah dalam semenit itu betul-betul hebat, alias kurang kerjaan bangke.

Balas
avatar

Makanya qm pake behel juga biar gaul

Balas
avatar

Makasih loh kalo udah buat anda pintar

Balas
avatar

Sama om saya juga baru denger
Ini kan tulisan kok bisa didenger y?

Balas
avatar

Kenapa g ngajak temennya biar ngakak rame2

Balas
avatar

Eh justru orang itu nambah kerjaan loh
Coba kalo Dy g ngitungin, g punya kerjaan

Balas
avatar

saya punya es tapi gapunya api, adanya batu, bisa nggak jaid sbat u sbat u.. nggak bang? mulut asem soalnya..

Balas
avatar

G bisa
Es batu itu batu yg terbuat dari es soalnya

Balas